Thursday, April 15, 2010

Bahayanya sombong

uch … dasar sombong !!! belagu amat tuh orang …” ehm … kita semua pasti pernah mendengar orang mengumpat dengan kata2 seperti itu. Umumnya orang dikatakan sombong klo dia punya lagak sok tau. Menurut saya, anggapan itu ga salah . Tapi, memang agak kurang tepat aja. Sebab, yang namanya sok belagu … itu cuma ekses nya aja.

Sebenarnya yang namanya penyakit hati itu, banyak macamnya. Tapi yang paling utama memang : sifat sombong. Cuma gara2 sifat sombong yang ngendon di hati kita, lama2 bisa merembet ke penyakit hati lainnya macam : takabur, ujub, riya’, iri/dengki, dll.

Buat saya, penyakit sombong ini memang bisa masuk kategori : pembunuh berdarah dingin, ohhsramm … Gimana gak serem nih penyakit … sapa saja yang kena penyakit ini, kadang gak sadar. Ato klo pun sadar, yang bersangkutan tetep kekeh merasa bukan termasuk orang yang sombong, … Kenapa bisa begitu ya ?!?! ya iya lah … masa ya iya dong … dedengkotnya sombong itu kan si syeitan, lha … syetan sendiri ga mau mengakui klo dia sombong. Cap sombong syeitan itu kan, yang ngasih 4jj karena ga mau sujud di hadapan si adam.

Dan lagi … yang namanya penyakit sombong itu ternyata bisa menular loh, utamanya ke keturunan kita. Wahh gaswat kan

Anak yang saat kelahirannya kita pilihkan nama yang terbaik … yang kita ciumi setiap saat … yang kita ajari mengaji dan lain-lain, eh … ternyata punya penyakit sombong yang di dapat dari orang tuanya, wahh … jangan sampai dech itu terjadi pada diri kita.

Adanya sifat sombong ini memang rada mirip dengan pepatah “karena nila setitik, tumpah susu sebelanga”. Gara2 satu sifat ini saja, segala kebaikan yang ada pada diri kita, seakan-akan jadi hilang sirna. Jadi sia2 dong hidup di dunia …

Kenapa sih penyakit sombong itu bisa begitu berbahaya ? … yaa ... mungkin karena DNA penyakit ini merupakan gabungan dari sifatnya syeitan dan nafsunya manusia, wajar klo penyakit ini menjadi penyakit paling menakutkan di kolong jagat ini. (menurut versi saya loh,hahaha …).

Klo kita pernah liat serial Avatar kartun yang di tipi. Di situ ada 4 unsur alam, yaitu : air api .. bumi/tanah … dan awan/angin. Yang paling kuat memang api. Karena itu, si raja api ingin menguasai semua unsur2 alam yang ada di muka bumi. Untungnya ada Avatar. Jadi, niat jahat si raja api bisa dicegah dan untuk menghindari si raja api berbuat kezaliman lagi, seluruh ilmunya diserap dan dilenyapkan oleh Avatar. Klo saat itu, Avatar cuma menguasai 3 elemen alam, jelas dia gak akan mampu melakukan itu. (kok jadi crita film ya ?!?! ... hahaha ...)

Sebenarnya penyakit sombong itu apa sih ?!?!

Setau saya, … yang dikatakan sombong itu klo kita (1) cenderung meremehkan sesuatu. Apapun itu. Bagaimana pun bentuknya. Yang ke (2), klo kita susah menerima nasehat tentang kebenaran. Sukanya ngeyel dan mencari-cari kelemahan orang lain.

Nah … seperti halnya si raja api tadi, … penyakit sombong yang pada diri kita ini gak akan pernah bisa hilang, kecuali 4jj yang mengambilnya. Jadi, … tugas kita sebenarnya cuma mencoba sesering mungkin memasukkan kalimat “mohon kepadaNya agar terhindar dari sifat sombong” dalam doa2 kita … juga disaat kita bercermin … dan yang terakhir, ... mulai belajar mencari kebaikan2 yang ada pada diri orang lain dan mengingatnya, sekecil apa pun itu. Mau lebih dari itu ?!?!?! monggoo …. cao !!!


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.