Friday, April 1, 2011

Barang Bekas

“Barang bagus, mas ... barang bagus. Dicoba aja, mas ...gpp”
Begitulah suasana disekitar pasar loakan. Berhubung penulis hobi barang bekas, maka setiap ada sedikit duit sisa, sasaran utamanya adalah pasar loakan, hahaha ... pernah sih, ada temen yang komentar,”beli kok barang curian” “Loh ?! kok bisa ?!” “ya,iyalahh ... pasar loak kan isinya barang curian”
Wadah ... klo ketemu orang yang model beginian, gak usah terlalu dimasukin ati. Di debat pun, gak ada gunanya. Mending, balik tanya aja, “klo mobil-mobil mewah selundupan yang digrebek polisi, tuh gimana ?! ato HP, Tape, Kompu dan barang-barang elektronik lainnya yang BM alias black market ?!” semuanya tuh barang baru... gak ada yang bekas, hahaha ... Malah, ada juga yang pake istilah baru : barang rekon. Bahasa ndeso-nya reborn. Barang baru, tapi bekas. Duh ! tambah bingung no wae, hahaha ... 
Tapi, ... pasar loakan yang penulis maksud, jualannya gak sembunyi-sembunyi. Terbuka transparan – dan benar-benar barang bekas, hahaha ...
Bagi temen-temen yang gemar berburu barang bekas, keuntungannya banyak loh, diantaranya : (1) supaya gak ke bujuk (tertipu), kita harus punya ILMU-nya. Minimal, kita harus ngecek dulu ke toko, harga barunya berapa. Trus, nanya-nanya temen ato penjaga toko, bedanya yang asli dengan yang palsu seperti apa. Semuanya perlu BELAJAR dulu dan itu butuh WAKTU. Proses belajar seperti ini nih, yang secara gak sadar, membuat kita ber-SABAR untuk sesuatu yang kita ingini. (2) Sabarr .... Klo baru ?! sederhana aja. Kita suka, kita punya duit, kita beli. Selesai. Benar-benar laper mata, hahaha ... Apalagi klo doyan bawa kartu kredit, hahaha ... Klo pun mau agak teliti sedikit, paling banter, kita cuma cek-cek barangnya, ada cacatnya gak – mbeset gak, lalu ditanya,”ada garansinya gak ?!?”  (3) berani ambil RESIKO. Barang bekas, umumnya gak bergaransi. Klo pun ada, biasanya ngepres. Cuma 3 hari ato seminggu. Klo ada niatan dikirim ke luar kota, masa garansinya keburu abis sebelum sampe ke alamat tujuan, hahaha ...   (4) ada KEPUASAN tersendiri. Pemburu barang bekas, biasanya, maunya gak muluk-muluk. Barang yang dibeli, punya tingkat kebagusan 75% aja, dah puas. Namanya juga, barang bekas. Tapi, klo ternyata melebihi ekspektasi awal, wow ... gak kebayang nikmatnya, hahaha ... dan yang terakhir (5) jauh dari sifat SOMBONG, UJUB, TAKABUR dan RI’YA. Abis ... apa yang mau disombongin ?!?! lha wong barang bekas ... klo pun dicrita-critain ke temen-temen ... biasanya cuma crita seputar proses bagaimana mendapatkan barang itu.
Nahh ... itu tadi sebagian dari keuntungan menjadi penikmat barang-barang bekas. Tapi, ... untuk barang bekas yang sifatnya langka, kadang nyarinya jadi rada ribet juga, dan harganya pun ... kadang bisa cukup mahal. Klo sudah begini mahh ... yang bicara memang masalah kelangenan alias hobi. Namanya juga hobi, biasanya, tetap gak ada ruginya. Klo pun harus dijual lagi, yang beli juga para penghobi yang lain. Jadi, ... meski harganya turun, gak jadi masalah. Selain sudah untung umur pakai ... juga jadi punya pertemanan. Mereka umumnya, punya komunitas.
Sebelum postingan singkat ini diakhiri ... gak ada salahnya klo ditambahi sedikit, info tentang “9 PENYAKIT MOBIL BEKAS”. Bagi yang mau membeli mobil bekas, yaa ... jangan beli yang mahal-mahal. Sebab, biasanya, tetap butuh biaya perbaikan. Jadi, ... jangan lupa untuk siapin budget +/- 10 juta-an untuk biaya perbaikan awal. Semoga bermanfaat, hahaha ... check this out ! (1) boros BBM. Indikatornya : asap kebiruan saat di-geber pada rpm tinggi. Solusi : di tune up aja. Lalu ganti filter udara dan bensinnya. Juga busi. Tapi, klo belum CDI / injeksi, lebih baik, platinanya diganti sekalian. Estimasi biaya +/- 500 ribu-an. (2) power steering bocor.  Bisa bocor di sil-nya ato pada slang . Estimasi biaya +/- 1,5 juta-an. (3) AC gak dingin. Klo yang kena drier-nya, gak masalah. Tapi, klo kompresor, evaporator, drier, slang ekspansi dan thermostat-nya, wow ... bisa 2 juta-an, men ! (4) oli rembes. Biasanya sih cuma diseputaran sil dek klep. Biaya +/-  750 ribu-an (5) decit rem. Tinggal ganti kampas rem-nya, beres. Tapi, klo dibiarin sampe kena piringan cakram / teromol-nya, bee ... bisa berabe. Biaya +/- 900 ribu-an. (6) bunyi dari kaki-kaki.  Meski indikatornya banyak, estimasi biayanya cuma +/- 2 juta-an (7) central lock macet. Solusinya : ganti aja. +/- 300 ribu-an. (8) pintu bagasi letoy. Masalahnya cuma di dumper-nya. Barangnya mudah dicari, tapi harganya, wee ... bisa lebih mahal dari sok breker, hahaha ... +/-  1 juta-an, dan terakhir (9) susah pindah gigi. Biaya reparasinya cuma +/- 400 ribu-an. Tapi, percaya deh ... jangan disepelekan. Bahaya, men ! penulis pernah dua kali mengalaminya. Saat rute SurabayaMalang dan Bali – Malang. Waspadalah ... waspadalah ... hahaha ... es cao !

Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.