Tuesday, July 20, 2010

Ora Mangan Ora Papa

Ora et labora = ora mangan ora papa, hahaha … itu guyonan saat kita masih kuliah dulu. Gara-gara ngempet gak sarapan pagi biar irit, sebagai gantinya, cukup dengan secangkir kopi dan sebatang rokok .

pinten, bu ?! kopi kalihan rokok setunggal

pitu seket, nak”

Hehehe … lumayan … perut ga terasa laper lagi - dan bau mulut pun jadi beraroma kopi, meski belum mandi dan gosok gigi, hahaha … Waktunya berangkat kuliah !!! Eee... ternyata jam 10an nih perut dah mulai terasa laper lagi. Dan kali ini memang dah kriuk-kriuk. Nunggu 1 jam lagi memang bagai di neraka, cie-cie ... Akhirnya yang dinanti pun tiba, teeettt - teetttt… bubaran kuliah langsung cabut menuju warung pak pi’i. Warung pak pi'i ini sifatnya nomaden – karena rezekinya pak pi'i ngikutin kemana aja proyek pembangunan gedung baru berlangsung. Memang sih … lokasinya masih di seputaran kampus. Tapi yang namanya kampus kan luasnya minta ampun ?!?!? Karena keberadaan warung pak pi'i itu untuk kepentingan para pekerja bangunan, maka porsi nasi_nya pun disesuaikan dengan kebiasaan mereka. Bukannya ngledek, tapi porsinya memang ga normal ... super jumbo. Wokeh tenan !!! Buat para pekerja bangunan, itu masih gak seberapa. Kadang malah ada yang minta imbuh lagi. Itu wajar, sebab kerja mereka memang berat. Butuh tenaga ekstra. Lha klo kita yang anak kuliahan ?!?! mestinya kan butuh nutrisi, bukan karbo porsi jumbo gitu. Tapi, (sekali lagi) karena alasan pingin ngirit dan ngrapel sarapan pagi yang tertunda, akhirnya hal itu dilakukan juga, hahaha … Harganya juga relatif murah. Di tambah es teh, cuma 1.500an perak. Abis kekenyangan, balik lagi ke kampus jalan kaki … capek lagi … kerasa laper lagi, hahaha (kenangan yang indah …)

Trus, … apa hubungannya kopi + rokok dengan ora et labora, apalagi dengan ora mangan ora papa ?!?!? begini … jargon ora et labora itu kan artinya "di badan yang sehat - terdapat jiwa yang sehat pula". Sedangkan kopi + rokok itu kan kolaborasi kafein dan nikotin. Lalu … ora mangan ora papa itu kan yoo … poso wae. Jadi, ... gak nyambung ya ?!?! hahaha

  • Kopi dan rokok itu memang bisa menghilangkan rasa lapar dan bau mulut. Jadi, gak malu-maluin klo duduk diantara para cewek-cewek cantik, hee ... Gimana klo urusannya dengan bau badan karena belum mandi ?!?! kan ada deodorant, hahaha … Tapi, ternyata ... kopi + rokok cuma solusi instant mengatasi rasa laper. Gak bertahan lama. Jam 10an aja dah kumat lagi. Maksud hati ingin ngrapel jatah makan siang dengan sarapan pagi, ternyata gak cukup ampuh. bahkan, sore menjelang malem pun dah laper lagi.
  • Ora et labora = ora mangan ora papa, ternyata … SAMA. Klo mau sehat badannya, jiwanya harus sehat dulu. Sedangkan jiwa itu sendiri, identik dengan perasaan. Klo perasaan kita dah lepas & happy … maka gak ada lagi yang namanya beban pikiran - gak ada ketergantungan ... ora mangan yo ora papa. Gak perlu repot-repot lagi mikirin laper, apalagi ngurusin makan. Makan apa ya hari ini ?!?! lha besok gimana ya ?!?! Jadi, ... gak perlu heran klo di jaman dulu banyak orang yang suka nglakoni hidup dengan bertapa tanpa makan dan minum - eh ! justru sehat raganya dan kuat jiwanya. Banyak yang sakti mandraguna lagi.

Lha klo sekarang ?!?!? hahaha … gara-gara kena serangan PAHE-PAHE makanan fast food - yang menawarkan menu cepat saji bagi mereka yang sibuk kerja - tapi masih peduli dengan urusan perut kosong - dan males sama yang namanya olahraga, akhirnya yang terjadi, malah banyak diantara mereka yang sakit badannya, ... lalu bablas sakit jiwanya, hahahaora et laboraora mangan ora papa

Semoga kita tidak terjebak dengan situasi jaman yang semakin indah ini, hahaha … es cao !!!

Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.