Tuesday, March 29, 2011

Faktor yang Mempengaruhi Kehidupan Organisme

Seperti kita tahu, Organisme adalah nama lain dari Makhluk Hidup. Semua Organisme yang hidup , pasti juga akan mati. Tapi, tahukah kamu apa saja faktor yang mempengaruhi kehidupan organisme? Sebenarnya ada dua faktor yang mempengaruhi kehidupan organisme.


1. Fertilitas
Fertilitas adalah kemampuan makhluk hidup/organisme dalam menghasilkan keturunan. Kemampuan berketurunan biasa disebut juga dengan berkembang biak. Tanpa adanya perkembang biakan, maka keberadaan makhluk hidup/organisme akan punah. Why? Karena tidak adanya generasi baru yang menggantikannya.



2. Viabilitas
Viabilitas adalah kemampuan makhluk hidup/organisme yang memiliki sifat-sifat menguntungkan dalam melangsungkan kehidupannya. Keturunan hasil perkembang biakannya biasanya lebih banyak dari jumlah induknya. Misalnya, Ayam Betina berkemampuan bertelur sekitar 10 butir, maka otomatis jika dierami akan menghasilkan 10 keturunan. Seekor katak mampu menhasilkan telur hingga ratusan, bahkan ribuan butir. Jadi, kesimpulannya adalah bahwa generasi baru lebih banyak dibandingkan generasi lama (induknya). Tapi, keturunan yang dihasilkan tidak memiliki sifat yang sama seperti induknya. Ini disebabkan adanya kombinasi dari sifat induknya. Sifat keturunan dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan  ynag ducampuri fakor luar. Contohnya adanya perubahan lingkungan, campur tangan manusia, dan sebagianya.


Sumber: Buku Pintar IPA -  Biologi Untuk SMP

Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.