Monday, January 3, 2011

Selamat Tinggal Tahun 2010 !

SELAMAT TINGGAL TAHUN 2010 ! ya-ya-ya … begitu banyak cerita yang terjadi dan menghiasai bumi Indonesia Raya selama tahun 2010 yang baru aja kita lalui. Mulai dari cerita tentang banjir … gempa … gunung meletus … sampe ke urusan politik – dan penegakkan hukum yang masih carut-marut, ruwet, semrawut dan kusut macam benang kusut. "Hukum harus ditegakkan !!!" Oke, tapi gimana caranya ?!? Lha wong yang dipake masih aturan hukum buatan manusia juga, yang jelas-jelas (sebagai manusia) punya banyak keterbatasan dan kekhilafan ?!?! alhasil … yang ada cuma addendumaddendum … ato klo dah gak cocok lagi, diganti dengan aturan yang baru yang dianggap relevan menurut persepsi “manusia masa kini”. Belum lagi, klo dah masuk ke urusan redaksionalnya, walah ! “dan / atau sebagaimana disebutkan … bla-bla-bla …” pusingg…gggg !!! mungkin itu sebabnya, (umumnya) pengacara atau politikus, ngomongnya suka mblibet-mblibet. Abisss, ... mereka mikirnya sambil ngomong sih, hahahadenied – denied – denied … baru setelah itu dipikirkan alasannya. Karena (sekali lagi) yang namanya hukum manusia, selalu bisa diinterpretasikan dari berbagai macam sudut pandang, hahaha

Bicara tentang Kilas Balik Tahun 2010, sepertinya, apa yang dikatakan orang tua dulu, ada benarnya juga … “sterring menang kari, nak” ato, klo dalam kisah perfilman, “sing penting hepi ending, nduk”. Kok yao ndhilalah … menjelang tutup tahun kemarin, ada sebuah momen bagus yang dipicu oleh kebangkitan timnas sepakbola kita yang sanggup memunculkan aroma antusias nasionalisme yang begitu luar biasa. Sehingga … saat lembaran cerita yang berisi kejadian selama tahun 2010 ini mau ditutup, semuanya jadi terasa Begitu Indah. Penuh nuansa Optimisme. Gak beda dengan cerita masa sekolah dulu, … meski rangking kelas cuma di kisaran 10 besar dari belakang, eh ! pas pengumuman kelulusan malah dapet rangking # 1 DANEM TERTINGGI, wee … benar-benar bikin hidup lebih hidup, hahaha …

Yup ! Akhir yang Indah. Akhir yang indah, memang selalu bisa menghapus segala duka yang ada, ciee … di tolak cewek berkali-kali disepanjang hidupnya, eh ! ujung-ujungnya malah menikah sama Marilyn Monroe, wee … pasti bikin keki cewek-cewek yang dulu pernah menolak cintanya. Demikian juga dengan raihan kesuksesan hidup. Begitu berat dan panjang perjuangan yang harus dilalui, sebelum akhirnya menuai hasil. Selalu dan selalu … kata "akhir yang indah" lah yang selalu dicaridiingat – dan dikomentari orang. Seperti kata mbak LIFO,”last but not least, eh ! Last In, First Out, mass …” “Loh, kok bisa ?!” “Kan lewat pintu belakang, hihihi …”

Dicari – diingat – dan dikomentari orang. Yang namanya komentar orang … selalu aja berisi 2 hal. Memuji dan menghujat. Gimana klo “no komen”?! alaa … “hebat ya, pap ! si fulan sekarang dah jadi pedagang pentol bakso yang sukses” ”ehm … itu sih kebetulan aja, mam. Coba mami itung, berapa banyak orang yang sukses gara-gara jualan pentol bakso ?!?! liat aja tuh nasib si Memble, si Tapi, ama si Kece … dari papi kecil dulu sampe sekarang, ya gitu-gitu aja. Jangan-jangan, si fulan bisa kaya gitu gara-gara pelihara tuyul, mam ?!?” “hus, papiii … Tapi, pap … si fulan kan dari dulu memang pekerja keras” ”alaa … udah-udah. Kok malah ngomongin si fulan seh. Jangan-jangan mami naksir ya ?!” ”idih, papiii … kok mikir sampe segitunya seh” “Abis, mami seh …hiks” “udah-udah, cup … gak usah nangis gitu. Malu diliat orang, pap” “… ?!?! …”

ehm … nyatanya, memang begitu banyak akhir cerita yang bisa dikomentari orang dari sisi pro dan kontra yang berujung pada perdebatan. Tapi, … hanya ada satu akhir cerita yang kliatannya gak butuh perdebatan. Mati atau saat ajal datang menjemput, … mungkin itulah akhir cerita yang sebenarnya. Berakhir indahkah, atau malah sebaliknya ?!?! Dan layaknya sebuah cerita, ... semua selalu ada alur ceritanya. Dan cerita yang sebenarnya, (jelas) cerita yang selama ini tercatat dan tersimpan rapi di laci Istana Langit. Gak ada pro dan kontra … dan gak perlu lagi dikomentari, apalagi sampai diperdebatkan, hahaha … es cao !

Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.