Wednesday, October 27, 2010

Calon-calon Pengganti Rooney

21-10-2010 17:18 Bola.net - Oleh: Jeffrie

http://www.bola.net/editorial/calon-calon-pengganti-rooney-di-united.html

Kabar rencana hengkangnya Wayne Rooney dari Manchester United kini benar-benar menjadi topik utama yang ramai dibicarakan. Panasnya bahkan tidak berkurang oleh berita kemenangan Real Madrid atas AC Milan kemarin. Bahkan beberapa pelatih seperti Mourinho, Ancelotti hingga Redknapp menghadapi pertanyaan yang sama mengenai Rooney saat konfrensi pers.

Kontrak Rooney bersama United sejatinya masih tersisa 2 musim lagi, yaitu hingga bulan Mei 2012. Melihat potensi besar yang dimiliki Rooney, David Gill berencana untuk mengikat Rooney kembali dengan menyodori perpanjangan kontrak baru. Namun alangkah kagetnya ia ketika agen Rooney mengatakan penyerang 24 tahun itu enggan membubuhkan tanda tangannya pada lembar kontrak tersebut. Tampaknya perlakuan Sang Gaffer United yang selalu mencadangkannya di beberapa game terakhir sudah menyurutkan niatnya untuk bertahan di Old trafford.

Konfirmasi Alex Ferguson mengenai kabar tersebut seakan menjadi hidangan lezat bagi beberapa tim besar Eropa. Kini mereka tengah menjilati bibir mereka melihat kemungkinan dapat memiliki Rooney ke dalam skuad mereka lebih cepat dari dugaan sebelumnya.

Jendela transfer Januari akan dibuka dua bulan lagi, dan dengan begitu banyak klub besar yang tertarik mendapatkannya membuat Rooney sepertinya tidak begitu khawatir akan masa depannya. Ia tinggal menunggu tawaran-tawaran tersebut datang ke mejanya dan memilih paket yang terbaik.

Di sisi lain, United dan Ferguson perlu segera mempersiapkan diri menghadapi segala kemungkinan apabila Rooney benar-benar akan meninggalkan mereka, terutama mengganti semangat dan hasratnya yang akan hilang dari United.

Namun seperti yang selalu dikatakan Sir Alex, tidak ada satupun pemain di dunia yang lebih besar dari klub. Perkataan tersebut memang terbukti benar sejauh ini, United tetaplah United, mereka tetap menjadi tim besar dan kuat meski pernah ditinggal beberapa pemain bintangnya seperti David Beckham, Ruud Van Nistelrooy mau pun Cristiano Ronaldo yang semuanya ke Real Madrid.

Manchester United kini mempersiapkan rencana cadangan apabila penyerang mereka Wayne Rooney jadi meninggalkan Old Trafford, Januari mendatang. Walaupun United punya beberapa pemain muda dan berpengalaman untuk bisa tampil, namun untuk menghadapi kualitas Chelsea yang semakin solid, peningkatan drastis City dan kematangan pasukan muda Arsenal, maka United tidak bisa menunggu dan harus mengambil langkah cepat dan tepat. Seorang pemain dengan nama besar dan kemampuan hebat sepertinya akan menjadi syarat wajib untuk calon pengganti Rooney.

Berikut adalah nama-nama pemain yang berpotensi menjadi pengganti Rooney di Manchester United:

Karim Benzema

Benzema menjadi kandidat utama ketika kabar yang menyebutkan Manchester United akan mencari pengganti Rooney menyebar. Benzema sebenarnya pernah menjadi target United beberapa tahun lalu, namun sayangnya mereka gagal menegosiasikan kesepakatan dan Real Madrid berhasil memanfaatkan kesempatan tersebut dan sukses membawa Benzema ke Bernabeu.

Umur : 22
Kebangsaan : Prancis
Klub : Real Madrid
Estimasi Harga : £ 30 Juta

Jika Real Madrid menunjukkan minat besar kepada Rooney, United bisa mengambil keuntungan dengan meminta Benzema masuk dalam paket pembelian Rooney. Sebuah kesepakatan yang mungkin sangat menjanjikan untuk kedua klub dan pemain. Benzema tentu akan menikmati lebih banyak kesempatan bermain di United, dan Rooney akan kembali bermain bersama Ronaldo di Madrid.


Sergio Aguero

Pemain Argentina ini pernah dikaitkan dengan beberapa klub Inggris pada musim panas lalu. Chelsea menjadi klub yang paling meminati striker Atletico Madrid ini, namun gagal menemui kesepakatan harga.

Umur : 22
Kebangsaan : Argentina
Klub : Atletico Madrid
Estimasi Harga : £ 30 Juta

Harga Sergio telah meningkat karena ketertarikan dari klub-klub lain dalam dua tahun terakhir, namun ia telah menunjukkan kualitas yang sesuai dengan harga tersebut lewat penampilan apiknya bersama klub dan Timnas Argentina. Sergio memiliki kecepatan, kemampuan baik dan haus gol. Dia bisa menjadi pemain yang dicari Ferguson selama ini, Sergio dan Berbatov bisa menjadi jaminan untuk ketajaman United.


Diego Forlan

Penyerang asal Uruguay ini merupakan manatan anak buah Alex Ferguson. Ia hengkang dari Manchester United karena performanya yang buruk pada tahun 2004 dan pindah ke La Liga bersama Villareal. Ia kemudian dijual ke Atletico pada 2007 senilai 21 juta euro. Di Spanyol Forlan menjelma menjadi striker subur dengan berhasil dua kali menjadi El Pichichi, penghargaan sebagai top skorer liga utama Spanyol dan dua kali memenangi Sepatu Emas Eropa.

Umur : 31
Kebangsaan : Uruguay
Klub : Atletico Madrid
Estimasi Harga : £ 25 Juta

Alex Ferguson bisa mendapatkan Diego Forlan yang pernah mengatakan ingin kembali merumput di Inggris. Dengan pengalamannya, Diego Forlan tidak perlu lama-lama lagi beradaptasi, ketajaman dan kematangannya bermain akan sangat membantu Manchester United.


Neymar Da Silva

Muda dan sangat berbakat, Manchester United bisa menjadikan anak ajaib asal Brasil ini menjadi pemain yang sangat hebat. Masalah hanya akan datang dari kubu Chelsea yang juga memiliki minat besar terhadap Neymar.

Umur : 18
Kebangsaan : Brasil
Klub : Santos
Estimasi Harga : £ 20 Juta

Neymar dikabarkan sangat tertarik dengan apa yang ditawarkan Chelsea. "Semua yang mereka tawarkan sangat menarik bagiku. Mereka punya pemain-pemain hebat, mereka berada di kompetisi besar, mereka punya tim yang kuat dan saya menyukai cara mereka bermain. Pemain top akan selalu ingin bersama tim seperti itu. Musim panas bukan saat yang tepat bagiku, namun aku akan lebih siap tahun depan," kata Neymar menjawab tawaran Chelsea.


Luis Suarez

Suarez dianggap cocok sebagai ujung tombak Setan Merah karena ketajamannya. Pemain asal Uruguay ini mencetak 49 gol dari 48 kali tampil bersama Ajax Amsterdam di semua ajang. Selain itu, karir Suarez masih akan berlangsung lama karena saat ini penyerang yang mencetak tiga gol di Piala Dunia ini baru berusia 23 tahun.

Umur : 23
Kebangsaan : Uruguay
Klub : Ajax
Estimasi Harga : £ 30 Juta

Nampaknya United tidak akan menemui kesulitan berarti apabila mereka akhirnya memutuskan untuk memboyong Suarez ke Inggris. Dalam beberapa kesempatan, pemain bertinggi 1,81 meter ini mengaku dia sangat ingin bergabung dengan United.


Fernando Llorente

Penampilan gemilang Llorente belakangan ini disebut telah menarik minat Fergie untuk mengajaknya bergabung. Ferguson dikabarkan tidak ingin kehilangan Llorente di bursa transfer musim ini. Mereka telah berencana akan meluncurkan tawaran resmi senilai 36 juta Euro ke kubu Bilbao.

Umur : 25
Kebangsaan : Spanyol
Klub : Athletic Bilbao
Estimasi Harga : £ 36 Juta

Sayang, United tidak bisa melenggang begitu saja untuk memboyong Llorente. Pasalnya dua klub raksasa Spanyol, Real Madrid dan Barcelona, ternyata juga tertarik bisa memboyong Llorente dan siap menelikung ambisi United. (kpl/bola)

Komentar saya :

Setiap pemain ada masanya. Usia yang membatasi mereka. Sedangkan klub, tidak. Klub butuh kelanggengan. Dan itu butuh regenerasi. Pilihannya ada banyak. Bisa membeli pemain berkelas – bisa membina bakat lokal – atau bisa juga dengan mencari bakat-bakat muda di seluruh dunia untuk dibina. MU sekarang sudah menjadi sebuah klub yang besar. Itu sebuah magnet yang kuat bagi pemain manapun. Yang dibutuhkan klub ini hanyalah keseimbangan. Pilihan terbaiknya adalah 20 : 30 : 50 untuk pemain bintang : bakat muda lokal : bakat muda manca.

Diantara para pemain bintang yang pernah hengkang dari MU, cuma Rooney yang punya wajah pas-pasan. Rada eneg juga sih, hahaha … Jual Rooney dan beli Luiz Suarez aja. Muda usia – seorang kapten di klub Ajax yang cukup melegenda di Belanda – tulang punggung timnas - dan yang terpenting … diusia_nya yang masih 23 tahun, Suarez sudah menjadi seorang ayah untuk puteri kecilnya yang cantik, hahaha … cao !!!

Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.