Tuesday, September 7, 2010

Bengkel Hati ust. Danu Bag. II

Ini merupakan lanjutan dari postingan Bengkel Hati ust. Danu Bag. I yang berbicara tentang : macam penyakit & penyebabnya. Ada yang suka dengan cara penyembuhan seperti ini … tapi ada juga yang nggak. Tingkat kesembuhannya pun macam-macam. Ada yang langsung terjadi – ada juga berjalan lambat. Bahkan ada yang gak ngefek sama sekali. Namanya juga pengobatan non fisik macam terapi. Jadi pendekatannya ya, secara non fisik. Dalam hal ini dengan hati dan tentunya dengan penuh keyakinan kepada Sang Raja Manusia. Klo ragu-ragu atau gak percaya, wahh … cepoo …ttt … apalagi klo kita termasuk model manusia yang meletakkan “akal di atas iman”, wee … aboo … tt … hahaha …

Dari mas Endang Kurnia pencipta lagu Mbah Dukun. Istrinya menderita “koma” sudah 5 hari di rumah sakit. Sudah berobat kemana-mana tetapi belum sembuh. Akhirnya minta kepada ust. Danu untuk dido’akan, diberikan nasehat agar tidak hobi marah, tidak merendahkan suami, dan kembali ke jalan 4jj secara total. Akhirnya istrinya bisa sembuh dan Mas Endang ini sangat bersyukur kepada 4jj dan ingin selalu di bimbing di jalan yang benar.

Pak Sukardi di Sidoarjo, menderita ambient. Disebabkan oleh sikap bila ada masalah hanya diam dan dipendam sendiri. Solusinya : bersikaplah lebih terbuka kepada keluarga.

Bapak Haji Sanusi, mempunyai 2 orang anak perempuan usia sudah lebih dari 30 tahun nggak punya jodoh. Disebabkan oleh sikap Bapak Sanusi yang terlalu protektif dan pilih-pilih. Solusinya : lebih membuka diri terhadap teman laki-laki dari anaknya.

Ibu Lis dari Medan yang menderita Remantik. Kaki bengkak, tumit sakit kiri dan kanan. Bahwa sakit pada tumit_nya disebabkan karena adanya rasa jengkel kepada seseorang yang dipendam. Solusinya : maafkanlah orang tersebut dan mohon ampun kepada 4jj atas semua kesalahan selama ini.

Sedangkan dengkul yang sakit disebabkan bila punya keinginan selalu ngotot. Solusinya : bersikaplah santai.

Ada seorang jama’ah di Mesjid Annida TPI menderita gangguan fungsi otot. Mulut susah menelan makanan, bicara cadel, gangguan pada mata. Setelah berdialog dengan ust. Danu … diketahui bahwa penyebab sakitnya adalah kalau marah sering diam jengkel dan nggak mau bicara. Akibatnya lidahnya dibuat cadel dan susah menelan. Sedangkan mulut yang susah menelan makanan disebabkan kalau diberi nasehat kurang mau mendengarkan. Solusinya : sering-sering mendengarkan nasehat atau pengajian di mesjid. Dan kalau nggak cocok dengan keluarga diusahakan untuk membicarakannya dan jangan diam saja.

Bukankah di dalam al Qur an telah disebutkan “Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”. Artinya kalau kita melihat keburukan …kita harus mengingatkan keluarga. Jangan diam saja.

Berikutnya seorang istri yang disumpahin suaminya … Ibu Juriah namanya. Ibu ini menderita sakit mata kiri ... retina rusak (memutih di bagian hitam). Solusinya : saling memaafkan antara suami dan istri ... terus berdoa kepada 4jj mohon ampun. Sering lakukan sholat tahajud dan besyukur kepada 4jj.

Memang kita dilarang untuk berkata-kata yang tidak baik apalagi sampai nyumpahin istri.

sendiri. Kalau jengkel sudah keterlaluan ... lebih baik nyumpahinnya yang bagus-bagus aja, misalnya jadi sehat loh nanti ... jadi kaya loh ... jadi pintar ... dan lain-lain ... atau lebih baik lagi kalau didoakan semoga diberi keselamatan dan diampuni dosanya oleh 4jj.

Ibu Yanti di Mesjid Annida TPI. Anaknya yang masih kecil ... lemas dan tidak mau berjalan. Kemudian Ust. Danu bertanya :"diantara ibu dan bapak, kira2 siapa yang malas melakukan pekerjaan rumah tangga?" kemudian mereka menjawab bahwa yang malas adalah ibunya. Solusinya : Jangan malas ! Kemudian Ust. Danu bertanya lagi : "siapakah yang sering meremehkan orang lain ?" Ternyata ibunya juga.

Seorang ibu yang nonmuslim menceritakan bahwa dirinya menderita sakit kista yang panjangnya sudah mencapai 12 cm. “Apakah betul ibu ada masalah dengan orang tua ibu?” tanya Ust. Danu. “betul ustadz …saya memang jengkel sekali dengan orang tua saya” jawab si ibu. “kalau begitu ibu … tolong ibu minta maaf kepada orang tua ibu secara tulus … kemudian setelah 3 hari coba ibu periksa ke dokter dan lihat apakah ada perubahan terhadap kista ibu” lanjut Ust. Danu.

Kemudian ibu ini pulang dan langsung meminta maaf secara tulus kepada orang tuanya dan mulai hari itu akan bersikap lebih baik dengan orang tuanya. Setelah 1 hari kemudian … ibu ini periksa ke dokter dan ternyata kistanya sudah hilang. Bahkan dokter tersebut sangat heran … bagaimana mungkin kista yang sudah mencapai 12 cm bisa hilang begitu saja ?!?!

Berikutnya adalah Bapak dari Yogya yang menderita sakit jantung. Menurut Ust. Danu penyakit jantung disebabkan emosi yang meledak-meledak atau marah kepada keluarga. Bisa jadi di luar bapak ini kelihatannya sabar dan tenang, namun ketika di rumah … begitu gampang emosi dan meledak. Solusinya : bapak harus nyantai dan tidak gampang emosi kepada keluarga. Bacalah al qur’an dengan memahami artinya.

Berikutnya Ibu Yuli dari Surabaya. Menderita tumit sebelah kiri sering sakit, terus naik sampai bagian kepala sebelah kiri. Tumit sebelah kiri yang sakit disebabkan karena kalau marah sama orang lain atau keluarga, bisa terpendam lama atau tidak gampang melupakan. Sulit sekali melupakan bila dendam kepada orang lain atau keluarga. Solusinya : memaafkan kesalahan orang lain.

Bukankah di dalam al Qur’an sudah disebutkan “fa’fu’ an hum wastaghfirlahum” artinya : maafkanlah dan mohonkan ampun kepada 4jj atas kesalahan mereka. Sedangkan kepala yang sering sakit di sebelah kiri disebabkan karena sering berpikir yang tidak-tidak, suudzon (berburuk sangka) kepada orang lain. Solusinya : berpikir positif dan berbaik sangka kepada orang lain.

Seorang Ibu yang sudah lama menderita sakit Asma dan selama bertahun-tahun memakai obat-obatan kimia dari dokter. Baik yang berupa semprotan seperti ventolin ataupun yang tablet seperti Rhitalin. Namun setelah “sumeleh” atau ikhlas, gak gampang stress dan lebih bisa menerima kondisi hidup secara apa adanya, malah jarang kumat sakitnya. Penyakit sesak nafas atau asma disebabkan karena kurangnya komunikasi dengan suami atau keluarga dekat lainnya. Jadi, ada perasaan jengkel yang dipendam terlalu lama yang mengakibatkan depresi yang cukup dalam … akibatnya terjadilah asma.

Ibu Aliyah dari Kuningan Jawa Barat. Penyakit Bronchitis yang disebabkan karena sikap yang pendiam, gampang tersinggung, dan mudah marah.

Bapak Hardiyanto dari Wonogiri. Bapak ini mempunyai keluhan asam urat dan kencing batu. Kaki kanannya sering kaku dan sakit. Penyebab : masalah komunikasi dengan keluarga yang kaku. Kalau penyakit kencing batunya itu disebabkan ada kesalahan didalam keluarganya tapi dia belum bisa memberikan pembenahan atau perbaikan. Solusinya : bersabar.

Mas Ahmad dari Banyuwangi. Sakit Glaucoma sehingga menyebabkan mata tidak bisa melihat dengan jelas. Disebabkan adanya perasaan jengkel kepada seseorang yang disimpan terlalu lama.

Berikut ini adalah beberapa penyakit lainnya dan penyebab / solusinya :

  • Penyempitan indung telur disebabkan ketidakharmonisan dengan ibu atau suami (sikap menutup diri terhadap ibu atau suaminya).
  • Telinga tidak bisa mendengar atau polip disebabkan oleh sikap sering marah-marah kepada suami atau anak.
  • Mata minus penyebabnya terlalu tegang dalam mempelajari sesuatu.
  • Tidak percaya diri penyebabnya adalah sikap tidak menghargai orang lain.
  • Hepatitis disebabkan karena sering mempunyai sifat pendendam.
  • Pusing dan pernah operasi kelenjar tiroid penyebabnya tidak mau mendengar nasehat suami.
  • Kepala keluar cairan berbau busuk penyebabnya segala sesuatu dipikirkan sendiri dan tidak mau berbagi dengan orang lain ataupun keluarga terdekat.
  • Benjolan dipaha kiri dan nyeri sampai kebelakang penyebabnya memendam jengkel begitu lama terhadap suami, anak atau kerabat dekat yang lain.
  • Anak yang sakit epilepsy dan belum akhil balig (laki-laki 12 th, perempuan 9 th), penyebabnya : ortu jengkel dengan seseorang saat anak masih dalam kandungan.
  • Vertigo, penyebabnya : kalau dinasehati tentang kebaikan tidak mau mendengarkan tapi pikirannya malah kemana-mana nggak jelas.
  • Telinga berdengung disebabkan selalu emosi bila mendengarkan kata-kata yang tidak cocok atau tidak enak (gampang tersinggung gitu loh).
  • Usus buntu biasanya disebabkan oleh sikap kita yang tidak mau menyelesaikan masalah atau lari dari permasalahan yang ada.
  • Sakit di tulang punggung bagian tengah, penyebabnya : jengkel dalam hati pada istri dan anak yang bila diajak kebaikan selalu mengulur-ulur waktu.
  • Sakit mata. Jangan sering meremehkan orang lain terutama keluarganya. Atau sering berpikiran negative kepada setiap orang yang ditemuinya.
  • Sakit kista, kanker darah / leukemia, penyebabnya : kejengkelan di hati yang terpendam terlalu lama.
  • Sakit Serosis hati (Lever tapi sudah parah), penyebabnya : orang tersebut biasanya pendiam dan gampang jengkel terhadap orang lain. Solusinya : mencoba untuk tersenyum kepada orang-orang disekitarnya. Karena dengan tersenyum akan membuat hati kita menjadi lebih rendah hati dan mengurangi sifat tinggi hati dan keras hati yang bisa menyebabkan serosis hati. Serta berusaha memaafkan orang-orang yang membuat kesalahan padanya dan tidak dendam. Dengan memaafkan, maka hati akan menjadi lebih lembut dan terhindar dari perasaan dendam dan dengki yang merusak.
  • Anak yang tidak bisa buang air besar, penyebabnya : ortunya punya sifat yang pendiam dan gampang jengkel.
  • Sakit perut kanan dan kiri. Solusinya : supaya jangan mudah marah sama anak dan istri.
  • Kaki kapal disebabkan oleh sikap : ingin mengerjakan sesuatu di keluarga, tetapi tidak dikerjakan. Misalnya ingin bersih-2 tetapi nggak dikerjakan.
  • Anak laki2 usia 11 tahun : gerakannya lambat dan lemah pikirannya. Solusinya : ibunya jangan suka melamun … dan bangkitlah dari perasaan depresi … untuk lebih aktif dalam hidup ini. Sholat malam dan mohon ampun kepada 4jj.
  • Sakit Pusing : disebabkan ada yang dipikirkan tetapi belum ada solusinya. Makanya harus bersabar.
  • Darah rendah : terlalu kuatir sehingga hormon adrenalin tidak berfungsi dengan baik.
  • Osteoporosis, pinggul sering sakit. Disebabkan oleh rasa sering marah.
  • Sakit infeksi di bagian usus besar. Sudah pernah operasi tetapi masih sering kambuh dan sakit. Solusinya : jangan mudah emosi atau jengkel.
  • Sinusitis, penyebabnya adalah kalau berteman hanya dengan satu orang saja. Sulit berteman dengan orang lain. Solusinya : lebih membuka diri dan mengajak berteman dengan lebih banyak orang.
  • Sakit pada lambungnya dan badannya lemas. Disebabkan oleh sikap yang terlalu emosional atau gampang marah. Sedangkan tubuhnya yang lemas disebabkan oleh sikap membantah kalau sedang dinasehati oleh orang lain atau suaminya. Solusinya : ialah mencoba untuk lebih sabar dan santai serta dengarkanlah nasehat dengan baik dan jangan selalu membantah serta merasa benar sendiri.
  • Sakit mata sebelah kanan sering kabur dan seperti ada yang menutupi. Disebabkan selalu mencela segala hal yang dilihatnya. Artinya bila melihat sesuatu selalu tidak benar. Solusinya : belajar untuk lebih arif dalam melihat perbedaan di sekitar.
  • Sakit di dada sebelah tengah atau ulu hati, seperti ada yang mengganjal. Disebabkan karena sikap kaku dan sering emosional dalam menanggapi sesuatu terutama kepada keluarganya sendiri. Sering marah-marah dan kalau dinasehati suka bantah atau ngeyel. Solusinya : belajar mau mendengarkan nasehat dan untuk lebih sabar dalam bersikap terhadap keluarga.
  • Kaki kesemutan. Penyebabnya adalah sikap yang terlalu kaku dalam mengatur keluarga. Solusinya : lebih santai dalam mengatur keluarga dan kalau menyuruh pakailah kata-kata yang santun dan lemah lembut.
  • Telapak kaki kiri cekot-cekot. Disebabkan kalau menyuruh anak sering dengan paksaan. Solusinya : pakailah kata-kata “minta tolong” dan jangan memaksa atau dengan cara baik-baik.
  • Dada sebelah kiri yang sakit disebabkan karena sering marah-marah. Solusinya : bersabar.
  • Menderit tumor di tulang belakang bagian bawah dekat tulang ekor. Sehinga badannya lumpuh tidak bisa gerak sama sekali. Penyebabnya : sikap sering jengkel tapi dipendam. Solusinya : bertaubat kepada Alloh dan saling memaafkan dengan suami atau keluarga.
  • Ginjal, lever, bengkak dada dan perut. Ust. Danu menjelaskan bahwa sakit ginjal dan lever disebabkan oleh sikap yang kaku, emosional, dan sering sekali marah dan memberi tuntunan do’anya sebagai berikut : "Ya 4jj … jika sakitku ini karena kesalahan dan dosaku ... aku mohon ampun dan mohon kesembuhan kepadaMu agar aku bisa lebih baik dalam beribadah kepadaMu".
  • Anak yang sakit amandel. Disebabkan oleh tingkah laku bapak dan istrinya yang sering berantem. Solusinya : jangan sering berantem.
  • Diabetes dan ginjal. Solusinya : bila menginginkan sesuatu … ucapkanlah minta tolong … dan jangan memaksa / mengancam … biasa saja dan santai.
  • Sakit di dengkul sebelah kiri. Penyebabnya : jika punya keinginan dalam keluarga selalu ngotot atau harus.
  • Sakit sariawan disebabkan kalau bicara sering menyakitkan hati orang lain.
  • Kaki kesemutan disebabkan sering jengkel sama siapa saja, termasuk diri sendiri.
  • Flek disebabkan karena gampang tersinggung, klo masalah belum punya keturunan, ust. Danu minta untuk langsung datang ke Mesjid Annida TPI.
  • Anak usia 10 bulan menderita gangguan penglihatan. Kata dokter mata, menderita minus dan nestakmus. Setelah di CT Scan bagus semua, namun setelah cek darah, ternyata terkena virus ciclomegalovirus. Kemudian ust. Danu bertanya … siapakah diantara bapak atau ibu … kalau marah sering merendahkan orang lain?

Fuih … dari segitu banyak macam penyakit, solusinya mulek di situ-situ aja : kemampuan mengendalikan emosi dan jangan di ngempet. Sebenarnya sih bukannya suka ngempet, … tapi cuma karena kitanya aja yang sudah bosen ngomong hal yang sama berulang kali, hahaha

Tapi, memang serba salah. Klo di cuekin aja dan gak diambil pusing, akhirnya malah bisa kebablasan jadi gak peduli. Klo dah gitu kan malah jadi tambah salah ?!?! Duh Gusti … kenapa Engkau slalu memberi ujian dan cobaan di titik terlemah dan di bagian yang kami paling benci agar kami bisa menjadi manusia yang lebih baik di sisiMu kelak ?!?! Sedang Engkau pun tahu, bahwa kami tidak akan pernah bisa jadi sempurna. Jadi, tulung Duh Gusti …

Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.