Tuesday, March 27, 2012

Sepintas yang ... # 7


§  Kata alam :"keserasian & keselarasan akan terasa sempurna, (saat) setiap komponen yang terlibat, mengambil perannya secara seimbang"

§    Kata alam :"puasa sebulan penuh, ternyata bisa menjadi indikator mujarab u/ mendeteksi kecanduan kita terhadap : nafsu makan ... minum ... rokok ... narkoba ... miras ... nge-seks ... nge-shopping ... nge-gosip ... bahkan sampai nge-mil sekalipun"

§    Kata alam :"ujian kesabaran kita, biasanya gak pernah jauh2 dari kitanya. Bisa dari pasangan hidup kita ... anak2 kita ... sodara kita ... ato bahkan dari tetangga samping / depan / belakang kita. Begitu juga kebahagiaan. Kesabaran dan kebahagiaan, ternyata ada di dekat kita. Ato lebih tepatnya ... di dalam diri kita sendiri"

§  Menasehati ... memberi contoh ... kemudian mendo'akan. Tetapi, yang terakhir, (seringkali) malah kita lupakan. Melepaskan energi kita u/ berbaur dengan energi semesta alam yang berasal dari satu energi yang sama.

o Tinggal menghitung hari ... ada yang sedih ... ada yang biasa-biasa aja ... tapi ada juga yang   malah gak mau tau. Gak pa-pa. Berbeda itu indah.

§    Kata alam :"pikirkan ... rasakan ... setelah nyaman ... lepaskan ..."

§  Ciri orang bertaqwa, banyak. 4 diantaranya : memiliki kecerdasan finansial, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial dan kecerdasan spiritual.

  • Kata alam :"menghadapi masalah dengan mennghindari masalah, sama2 disebut solusi. Tapi, cara yang terakhir, kadang malah menimbulkan masalah baru (yang mungkin malah lebih ruwet)"
    • Menanam padi, memulainya pelan2 ... belajar jalan pun, memulainya pelan2 ... sampe urusan mbangun rumah (katanya) juga mesti pelan2 ... semuanya butuh pelan2. Ojok ke susu, nduk ... alon2 wae ...

    • Amrik punya lambang rajawali / elang dan hewan itu ada + dilindungi. Indonesia punya lambang garuda, tapi di cari sampe ke bonbin kok gak ada ya ?! Seperti apa ya, burung garuda itu ?!? jadi penasaran ...

    • Sebentar lagi usiamu bertambah tua, indonesiaku. Tapi, semakin tua, kok semakin gak jelas identitas dirinya. Demokrasinya gak jelas ... supremasi hukumnya rapuh ... budaya kambing hitamnya gak ilang-2 ... uch ... apa yang bisa dibanggakan ?!? klo bangsa ini tidak bisa mengenal dirinya, bagaimana bisa melangkah maju ?! Merbabu, eh ! Mereketehe, eh ! Merde**!!!
    • Semakin mendekati akhir, semakin terasa berat. Meski atur strategi, untuk bisa melakukan sprint di tikungan terakhir. Seperti kata Giggsy :"mencetak gol di menit-menit awal itu penting. Tapi, kadang kita harus menunggunya sampai di menit-menit akhir. Dalam hal ini, konsentrasi saat dibutuhkan"
Ø  Pertanyaan istri yang (umumnya) dibenci para suami :"sayang ... mo kemana ? sama sapa aja ? pulang jam berapa ?". Sedangkan pertanyaan WAJIB suami pada istri :"arep nang endi, mbok ?! karo sopo ? mulih jam piro ?"

Ø  Kebenaran memang patut diperjuangkan. Tapi, klo gak sadar posisi, memang kadang bisa menjadi bumerang.

  • Kata alam :"ini kopas dari seorang sahabat" (Seindah apapun potret diri seorang anak, tetap hrs diberi bingkai spy enak dilihat. Bingkai bawah adalah aturan hukum, agama, dan norma. Bingkai samping kiri adalah etika, samping kanan adalah estetika, sedangkan bingkai atas adalah petuah dan bimbingan orang tua. Jgn lupa dikasih kaca bening sbg lambang hatinya yg jernih).
    • Duh Gusti ... satu bulan ini hamba ingin total berdagang denganMu u/ mengharap keberkahan rizki, kesehatan dan kebahagiaan di 11 bulan berikutnya, amien ...
  • Kata alam :"Klo hidup cuma sekedar mengingat 4jj, tanpa menjalankan perintahNya, ingat-ingat aja terus, seperti : klo laper, tandanya perut kosong … klo haus, tandanya mulai dehidrasi … klo mules, tandanya kebelet be-ol … klo mengantuk, tandanya waktunya tidur. Inget-inget aja terus, gak usah dilakukan"
    • Puasa-puasa gini, banyak warung yang kliatannya tutup, tapi banyak kaki2 yang menggantung. Di mesjid juga banyak mayat bergelimpangan. Tapi, pas mau azan ashar, eh ! pada bangun dan bubar jalan. (buru2 balik ke kantor. Waktunya check lock, wkwkwk ...)
    • Kata pemilik warkop :"kita buka u\ melayani yang musafir, mas. Alhamdulillah ... selama bulan puasa, rezekinya lumayan. Mungkin karena ini bulan penuh berkah. Lagian, klo gak jualan, aku makan apa, mas. Lak bener to, mas ?!" si mas :"karepmu ... lek awakmu yakin bener, yo lakon nono. Toh, sing iso mbiji bener-salah, lek gur Gusti Pangeran, hee ..."
  • Kata alam :"sedekah itu seperti main judi. Semakin sering menang, semakin besar taruhannya. Semakin besar keyakinan yang dipertaruhkan, semakin besar keimanan yang didapat"
  • Kata alam :"klo mo diet sehat, ya puasa. Tapi, klo mo diet sengsara ... banyak. Bisa sedot lemak, makan hati, sakit hati, sedih hati ato anti makan ini-itu"
  • Kata alam :"klo ada orang yang "merasa" paling menderita di dunia, dia pasti juga "merasa" hidup sendirian di dunia dan yang pasti ... dia bukan nabi adam (karena adam hidup berdua dengan hawa)"
  • Kata alam :"di dalam rumah tangga, cuma dibutuhkan istri yang suka menurut sama suaminya (saat jengkel sudah di ubun-ubun), dan suami yang mau sedikit lebih bersabar (saat kesabaran dirasa sudah mau habis)"
ü  Akhirnya punya 3 gank. Gank 7 kurcaci : habib, isa, fiki, rendra, arman & fey (minus patris). Gank Tombstone : andi, fajar, antoni & fey. Dan Gank terakhir ... KS3B : e-one, hank & fey. Senang punya temen2 & guru yang luar biasa. Suwun ya ...

  • Kata alam :"jaman memang sudah berubah. Orang jujur, terusir dari rumahnya. Orang berkata benar, dianggap sok alim". (memang gak mudah belajar menjadi lebih baik ...)
  • Kata alam :"jadilah orang yang rendah hati. Karena dari situ bisa muncul kearifan. Strategi Marketing MarkPlus yang terbaru aja, memunculkan istilah -wisdom lokal-".
  • kata alam :"mendo'akan kebaikan u/ orang yang kita benci, bukanlah pekerjaan yang mudah".
  • Kata alam :"berbuat kebaikan itu, bisa diterima ... tapi bisa juga nggak. Karena kita gak tau parameternya. Tapi, klo memohon ampun ... itu pasti akan mengurangi dosa kita. Sedikit ato bahkan semuanya"
  • Kata alam :"surga itu di bawah telapak kaki ibu. Tapi, ibu pun gak akan bisa masuk surga, tanpa ijin suaminya ibu"
  • Kata alam :"anak yang baik itu bukan tergantung dari sekolah dengan guru-gurunya yang hebat. Atau pun, pesantren dengan kyai-nya yang mumpuni. Tapi, dari orang tuanya".
  • Kata alam :"klo si lelaki datang dengan apa adanya (gak membual), gak ada alasan bagi si perempuan u/ menyinggung harga dirinya, saat (kelak) memilihnya menjadi suaminya"
    • Tidak mudah menimbulkan ketakutan pada orang lain, tapi memberi maaf dan kesempatan akan memunculkan kesetiaan. (Gufe)
    • Manusia terpilih itu karena hatinya. Tp, aku punya rasa takut. Rasa takut akan memunculkan keberanian. (saphira)
    • Semangat = 1/4 kebodohan + 3/4 keberanian (brom)
-------------------------------
Sudah solatkah kita ?!? sudah. Sekali setahun kah ?!? sekali seminggu kah ?!? sekali sehari kah ?!? berjamaah kah ?!? khusuk kah ?!?!
-------------------------------
Solat adalah tiang agama. sedangkan tiangnya umat, adalah ulama dan umaro. Klo tiangnya rumah, biasa disebut cagak ato kolom. ?!?

  • Akal manusia punya keterbatasan, tapi iman ... tidak. Iman adalah keyakinan yang letaknya ada di dalam hati. Sudah sehatkah hati kita ?! dah maem cukup kah ?! atau beristirahat dan berolahraga teratur ?!?
Adakah kekuatan lain yang lebih besar dari kekuatan DOA dan SEDEKAH ?!?!

  • Org yg sk beli brg mhl (umumnya), tipe : menerima dg sgl kelebihannya. Klo yg sk beli brg bekas ?!? menerima dg sgl kekurangannya.
  • Meski termasuk bahasa gaul, "misuh-misuh" yang terlanjur jadi kebiasaan, bisa ngrusak struktur molekul air dalam tubuh. Eman, c*k, eh ! eman, cak !
  • Punya satu aja amalan sunnah yang istiqomah (konsisten), bisa jadi pembeda muslim yang satu dengan yang lainnya. Satu aja. Gimana klo lebih dari satu ?!? wee ...
  • Pegawai itu Bekerja. Pengusaha itu Beraktivitas. Bekerja dibatasi waktu. Beraktivitas, tidak. Bekerja ada libur. Beraktivitas, tidak. Bekerja dinilai manusia. Beraktivitas dinilai Raja Manusia. Bekerja, susah/senang ada temannya. Beraktivitas, susah/senang dipek dewe, wkwkwkwk ...
  • ‎9 dari 10 jalannya rizki adl. dg berdagang. Dan sebaik-baiknya perdagangan adl. dijalan 4jj. Mekanismenya ? lewat sedekah. Modalnya ? Yakin. Yakin - Lakukan -Buktikan - Tambah Yakin - Tambah Lakukan - Tambah Buktikan - Semakin Yakin - ... "tiada hari tanpa terus membuktikan & memperbesar keyakinan"
  • Tiang penyangga umat adl : ulama dan umara'. Keduanya saling mempengaruhi u/ hal baik ato buruk. Mending jadi pengusaha aja yang berjiwa ulama dan umara, hee ...
  • miskin berobat ke puskesmas,...kaya ke spesialis,...semakin kaya ke singapura, hongkong & amrik. Emangnya harus gitu ya, cara menyikapi sakit yang diberi 4jj ?!?
(05 April 2011 pukul 3:39 sore).


Artikel terkait :


Submit your 
content Every Day to 25 social 
bookmarking sites, all on unique 
C class IPs... FREE.